Beranda Wawasan 7 Negara Dengan Wilayah Terluas di Dunia

7 Negara Dengan Wilayah Terluas di Dunia

0
BERBAGI

1. Rusia – 17,125 Juta km²

luas rusia
Rusia adalah sebuah negara berdaulat yang membentang dengan luas di sebelah timur Eropa dan utara Asia. Dengan wilayah seluas 17.125.200 km², Rusia adalah negara terluas di dunia. Wilayahnya mencakup seperdelapan luas daratan bumi, penduduknya menduduki peringkat kesembilan terbanyak di dunia dengan jumlah sekitar 146 juta jiwa (Maret 2016). Wilayahnya membentang sepanjang Asia Utara dan sebagian Eropa timur, Rusia memiliki 11 zona waktu dan wilayahnya terdiri dari berbagai tipe lingkungan dan tanah.

2. Kanada – 9,970 Juta km²

Kanada
Kanada Merupakan federasi dari 10 provinsi dan 3 teritori dengan sistem desentralisasi dan pemerintahan berbentuk monarki konstitusional. Kanada merupakan negara terluas di Amerika Utara. Luas negara Kanada adalah 9.970.610 kilometer persegi. Kanada digolongkan negara maju dan ekonominya tergantung terutama pada ketersediaan hasil alam yang melimpah.

4. Amerika Serikat – 9,83 juta km²

peta-amerika-usa

Amerika Serikat adalah sebuah negara republik konstitusional federal yang terdiri dari lima puluh negara bagian dan sebuah distrik federal. Negara ini terletak di bagian tengah Amerika Utara, yang menjadi lokasi dari empat puluh delapan negara bagian yang saling bersebelahan, beserta distrik ibu kota Washington, D.C. Dengan luas wilayah 3,79 juta mil persegi (9,83 juta km²) dan jumlah penduduk sebanyak 315 juta jiwa.

4. RRC – 9,69 Juta km²

RRC
RRC adalah sebuah negara yang terletak di Asia Timur yang beribukota di Beijing. Negara ini memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia (sekitar 1,35 milyar jiwa) dan luas wilayah 9,69 juta kilometer persegi. Negara ini didirikan pada tahun 1949 setelah berakhirnya Perang Saudara Tiongkok, dan sejak saat itu dipimpin oleh sebuah partai tunggal, yaitu Partai Komunis Tiongkok (PKT).

5. Brazil – 8,511 Juta km²

Brazil
Brazil merupakan negara yang berada di Amerika Latin dengan luas wilayah 8.511.965 km persegi. Negara ini memiliki hutan terluas di dunia yaitu hutan Amazon dan sungai terpanjang yaitu sungai Amazon. Negara ini terkenal dengan sepakbola nya, bintang lapangan hijau seperti Pele, Ronaldo, Ronaldinho lahir disini. Brazil juga sukses menggelar Piala Dunia pada tahun 2014.

6. Australia – 7,686 Juta km²

map-of-australia
Australia sebenarnya adalah benua terkecil di dunia dengan luas wilayah 7.686.850 km persegi. Penduduk asli di negara ini adalah suku Aborigin yang terkenal dengan senjata Boomerang.

7. India – 3,287 Juta km²

India
Negara terluas selanjutnya adalah India yang memiliki luas wilayah 3.287.590 km persegi. India beribu kota di New Delhi, dan yang terkenal di negara ini adalah bangunan Taj Mahal dan industri film Bollywood.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here