Beranda Wawasan 7 Presiden Paling Miskin di Dunia

7 Presiden Paling Miskin di Dunia

0
BERBAGI

7 Presiden Paling Miskin di Dunia – Sebagian besar presiden di dunia, kehidupannya identik dengan kemewahan. Banyak Presiden di dunia tinggal di rumah mewah, kendaraan nya limusin, punya banyak pengawal, fasilitas serba mewah, gaji banyak, dan bisnis keluarga yang dijalankan oleh anak dan istri.

Namun, tidak semua Presiden seperti itu. Muncul pemimpin-pemimpin yang tak beda jauh dengan kehidupan rakyatnya. Bagi mereka, menjadi Presiden adalah melayani rakyat.

1. Jose Pepe Mujica

Jose Pepe Mujica
Menjabat sebagai Presiden Uruguay pada tahun 2010, Jose Pepe Mujica memilih untuk tetap tinggal di rumahnya yang sederhana yang terletak di pinggiran kota Montevideo. Selama menjadi Presiden, demi rakyatnya dia rela menyumbangkan 90% dari gajinya. Kendaraan pribadi Jose Pepe Mujica hanya memakai Volkswagen Beetle keluaran 1987 dan motor Vespa.

2. Mahmoud Ahmadinejad

Mahmoud-Ahmadinejad-SF
Mantan Presiden dari negara Iran periode Agustus 2005 sampai Agustus 2013 adalah Mahmud Ahmandinejad. Gaji yang di dapat saat menjabat sebagai Presiden adalah 3.000 dolar Amerika (Rp 35,2 juta) per tahunnya. Mahmud Ahmandinejad merupakan seorang pemimpin yang lebih mementingkan rakyatnya, dan dia juga lebih memilih kekuasaan dari pada uang dan harta.

3. Fernando Lugo

Paraguayan President Fernando Lugo speaks during a news conference at the presidential palace in Asuncion August 13, 2009. Paraguay's government on Thursday withdrew a bill that would let Venezuela join the Mercosur trade bloc, fearing a defeat in Congress that could hurt relations between the two countries. REUTERS/Rafael Urzua (PARAGUAY POLITICS BUSINESS)

Pada tahun 2008 Fernando Lugo dilantik menjadi Presiden dan langsung mengumumkan bahwa dia tidak menginginkan gaji 4000 USD per bulan. Saat menjadi Presiden, dia juga tetap tinggal di rumahnya yang sederhana, dan tetap memakan makanan sehari hari rakyat Paraguay seperti ubi kayu, salad, nasi putih, dan ikan.

4. Hugo Chavez

Always a showman, Venezuelan President Hugo Chavez, who died Tuesday, sings folk songs with a mariachi group in the capital, Caracas, in 2005.

Hugo Chavez adalah seorang Presiden yang sederhana dan sosok yang sangat berani dalam mengkritisi keadaan politik luar negeri. Ia menyumbangkan sebagian besar gajinya untuk menambah anggaran sosial di negaranya. Di Venezuela ia memberantas buta huruf dengan menggratiskan sekolah dan menciptakan sembako murah yang membuat Chavez sangat dicintai rakyatnya.

5. Fidel Castro

Fidel Castro
Fidel Castro adalah pemimpin revolusi Kuba yang hidup sangat sederhana. Gaji yang diterimanya hanya 900 peso perbulan (Rp 350 ribu) yang merupakan sebuah gaji yang murah untuk seorang Presiden, Ia tidak pernah mengeluh meskipun gajinya kecil.

6. Nelson Mandela

Nelson Mandela
Nelson Mandela merupakan pemimpin dalam pembebasan Afrika Selatan dari kolonialisme dan apartheid. Meskipun sangat terkenal namanya dia tetaplah orang yang sederhana, rumahnya di Johannesburg maupun di desa asalnya Qunu sangat sederhana dan bisa dibilang layaknya rumah masyarakat kebanyakan.

7. Rafael Correa

Rafael Correa
Rafael Correa adalah ekonom bergelar PhD jebolan University of Illinois, AS. Correa sendiri terbilang pemimpin sederhana. Correa mengeluarkan dekrit untuk membekukan pembayaran gaji pejabat tinggi selama dua tahun. Itu termasuk gaji Presiden, Wakil Presiden, Menteri, dan pejabat tinggi lainnya. Ia juga memotong gajinya dari sekitar 8000 USD menjadi 4000 USD. Dengan pemotongan gaji itu, Correa menyelamatkan APBN tanpa memangkas subsidi sosial rakyatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here