Beranda Inspirasi Belajar Kitab Kuning On The Street

Belajar Kitab Kuning On The Street

0
BERBAGI

Ngabuburit-Dengan-Belajar-Kitab-Kuning-On-The-StreetMalang, kegiatan unik dan mendidik dilakukan puluhan siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kepanjen Kabupaten Malang. Sambil menunggu waktu berbuka puasa, mereka membagikan ilmu kitab kuning kepada masyarakat yang sedang lewat seperti terlihat di jalan raya Kepanjen, Kamis sore (15/06/2017). Kegiatan ini mereka sebut sebagai Kitab Kuning On The Street. Keren bukan?.

Bagi sebagian masyarakat, kitab kuning sangat sulit dipelajari karena menggunakan bahasa arab tanpa harokat atau tanpa tanda baca. Namun, bagi siswa-siswi MTsN Kepanjen, kitab kuning justru mudah dipelajari jika mengetahui kuncinya.

Masyarakat antusias dengan kegiatan yang dilakukan para pelajar ini. Tak sedikit, para pejalan kaki meluangkan waktu untuk mempelajari bacaan kitab kuning dengan dipandu para siswa. Anjiana Wahyu, salah satu siswa MTsN Kepanjen mengaku senang dapat membagikan ilmunya kepada masyarakat. Menurutnya, membaca kitab kuning tidak sulit jika mengetahui kunci bacaan dengan memahami isim, fiil dan huruf.

“Pengetahuan ini yang ingin kami sampaikan ke masyarakat agar sedikit mengerti. Memang belajar kitab kuning tidak mudah, tapi kalau mengerti kuncinya akan cepat memahami,” jelas Anjiana.

Kepala Sekolah MTsN Kepanjen, Sutirjo menyebut kegiatan Kitab Kuning On The Street ini digagas sendiri oleh para siswanya. Karena kegiatan tersebut dinilai sangat bagus, maka pihak sekolah mendukung penuh.

“Kita berharap kegiatan semacam ini menjadi pemacu bagi para siswa-siswi untuk lebih giat belajar membaca kitab kuning. Dengan membagikan ilmunya tentang cara membaca kitab gundul ini maka akan semakin bermanfaat bagi orang lain,” kata Sutirjo.

Selain mebagikan ilmu baca kitab kuning, para siswa juga membagikan hadiah berupa buku bagi masyarakat yang mau belajar. Tak hanya itu, kegiatan ini juga diiringi musik tradisional untuk menarik perhatian warga berdatangan.(*)

sumber : agtvnews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here