Beranda feature Menikmati Hari Tua di Kota Tertua

Menikmati Hari Tua di Kota Tertua

0
BERBAGI
air terjun pengantin 2
Air Terjun Pengantin Ngawi

Wisata – Ngawi merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang mungkin cukup asing ditelinga masyarakat Indonesia. Memang, kota ini tidak seproduktif kota-kota lainnya layaknya Sidoarjo, Surabaya, Malang, Jember, Kediri maupun Madiun yang memang memiliki puluhan bahkan ratusan gedung yang menjulang tinggi.

Tidak banyak memang bagian-bagian dari Kabupaten Ngawi yang dapat mencuatkan namanya didaratan dunia. Namun, jika bicara peninggalan-peninggala sejarahnya disini mungkin salah satu tempat yang bisa dikatakan kota tertua di Jawa.

Dimulai dari Eugene Dubois tentang jenis manusia Jawa pertama (Homo Erectus Paleojavanicus) yang fosil-fosilnya ditemukan pada tahun 1891 yang diberi nama Pithecanthropus Erectus, yakni fosil manusia kera pertama yang berdiri tegak. Hingga benteng pertahanan para tentara Belanda pada abad 19 saat perang melawan Pangeran Diponegoro.

 Benteng van Den Bosch
Benteng van Den Bosch

Berdirinya benteng yang diberinama Benteng van Den Bosch atau yang terkenal dengan nama jawanya Benteng Pendem ini, menjadi sangat fundamental untuk mempertahankan fungsi strategis Ngawi serta menguasai jalur Perdagangan bala tentara Belanda.

BPS Kabupaten Ngawi, mengungkapkan jika 40 persen dari luas Kabupaten Ngawi yang mencapai 1.298,58 km2 merupakan lahan persawahan. Maka tak ayal, kota ini memiliki sebutan lain lumbung padi di Jawa Timur karena memang lebih dari 58% penduduknya merupakan petani.

Eksotisme kekayaan alam di Kabupaten Ngawi menjadi sumber pendapatan daerah terbesar lainya melalui wahana-wahana wisatanya. Ada wisata Air Terjun Pengantin yang terletak di Dusun Besek Desa Hargomulyo Kecamatan Ngrambe, ada Pemandian Tawun, Waduk Pondok, Air Terjun Srambang serta kebun Teh Jamus yang memiliki hawa sejuk serta terdapat Kolam Pemandian disekitarnya. Kebun Teh ini terletak di Kecamatan Sine, selain itu di Kecamatan Sine juga ada perkebunan Karet yang dikelola oleh PTP XXIII Tretes. Dan juga museum Trinil.

kebun teh jamus 2
Kebun Teh Jamus Ngawi

Ada juga wisata alam Air Terjun Watu Jonggol Obyek Wisata Anyar Di Kabupaten Ngawi. Untuk perjalanannya, harus dilalui dengan melewati jalan pedesaan di mana kanan dan kirinya sebagian besar adalah sawah dan kebun pertanian. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan menyusuri lereng kaki gunung Lawu dengan kondisi jalan yang terkadang menanjak curam dan terjal.

Bahkan, sebelum menuju Air Terjun Kamulyan Watu Jonggol itu, pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan hutan yang berada di sisi jalan. Setelah melakukan perjalanan dengan pemandangan hutan yang eksotik dan melewati sederetan batu yang tertata alami maka akan terlihat tumpukan batuan alam yang tersusun secara artistik seperti keluar dari permukaan tebing dengan air terjun yang mengalir deras kebawah secara begitu indah.

Dengan kekayaan alam yang melimpah, sudah seharusnya Kota yang memiliki kepadatan penduduk 14,499 jiwa per 1295,98 Km2 menjadi salah satu destinasi wisata sambil menikmati hari-hari menjelang senja.

Sumber : Dari Berbagai Sumber
Penulis : Zayyin Multazam s

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here