Beranda Wisata Pesona Grojogan Sumber Manik

Pesona Grojogan Sumber Manik

0
BERBAGI

Diburu Petualang, Potensi Alam Kurang Tergali

Membahas masalah destinasi wisata maupun keindahan panorama alam, lagi-lagi Kabupaten Nganjuk tidak bisa dipandang sebelah mata. Daerah berjuluk kota angin ini memiliki banyak wilayah perbukitan karena dikelilingi pegunungan. Dampaknya saat musim hujan banyak dialiri air dari atas bukit, bahkan tak jarang membentuk panorama air terjun yang begitu mempesona.

Untuk masalah air terjun Kabupaten Nganjuk selama ini hanya dikenal dengan air terjun Sedudo dan Roro Kuning saja. Padahal masih banyak lagi air terjun yang belum begitu terjamah oleh masyarakat. Salah satunya yaitu Grojogan Sumber Manik yang berlokasi di Desa Blongko Kecamatan Ngetos.

Destinasi wisata yang satu ini masih asing di telinga. Pasalnya tempat ini masih belum begitu dijamah dan untuk bisa mencapai lokasi inipun dibutuhkan perjuangan keras. Bagi pecinta alam yang suka berpetualang, sudah pasti wisata yang satu ini menjadi pilihan yang pas.

Namun untuk perjalanan kesini tentu saja dibutuhkan fisik yang cukup kuat. Hal itu karena medannya menanjak dan masih belum ada fasilitas yang mencukupi seperti tempat wisata kebanyakan. “Cukup sulit medannya, kalau hujan harus ekstra hati-hati karena licin,” ujar Hanifa, warga Nganjuk yang mengunjungi tempat ini.

Dari kejauhan terlihat air mengalir dari atas di antara bebatuan sehingga tampak begitu indah. Air terjun maupun sungainya masih benar-benar sejuk, bersih, dan alami.

Sebelum bisa menikmati serunya berpetualang di sini, jangan kaget karena harus memasuki hutan sejauh sekitar 1 kilometer dari pemukiman. Dan untuk menjangkaunya hanya dapat menggunakan roda dua. Tentu saja kondisi jalannya begitu ekstrem karena banyak sekali bebatuan di sepanjang perjalanan.

Tidak cukup sampai di situ perjuangan untuk mencapai tempat ini, Grojogan Sumber Manik masih harus ditempuh dengan berjalan sejauh 1 kilometer menyusuri area persawahan. Tapi bagi jiwa petualang tentu hal ini tidak akan menjemukan karena di kanan kiri bisa dilihat pemandangan yang begitu mempesona.

Setelah menempuh perjalanan cukup jauh seolah rasa capek kian menghilang saat terdengar suara gemericik air terjun. Kesan pertama melihat air terjun ini selain rasa takjub pastinya sudah tidak sabar lagi untuk membasuh muka atau mandi di air yang sangat alami.

Grojogan dengan ketinggian sekitar 25 meter ini juga bisa menjadi area yang pas bagi pecinta selfie. Berfoto diri dengan background air terjun ini sudah pasti akan membuat iri setiap orang yang melihatnya.

Sampai di tempat ini pengunjung tidak hanya bisa menikmati pesona air terjun, melainkan masih ada satu lagi potensi wisata yang tersembunyi yaitu gua. Di sisi kanan air terjun ada sebuah gua dengan kedalaman sekitar 3 meter. Namun sayang kondisinya yang kurang terawat membuatnya tertutup tanah dan rumput liar sehingga pengunjung tidak bisa masuk.

Harsono, warga desa setempat mengakui jika gua ini memang kurang mendapat perhatian. “Gua ini sebenarnya sangat indah. Tapi memang masyarakat kurang merawatnya. Ya mungkin harus diadakan kerja bakti untuk merawat keindahan alam ini,” tuturnya. (andik sukaca)

Sumber : koranmemo.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here