Beranda Wisata Pesona Indah Bagi Wisatawan Naturalis

Pesona Indah Bagi Wisatawan Naturalis

0
BERBAGI

Bukit Ongakan Besowo

Berbicara destinasi wisata di Kabupaten Kediri memang tidak pernah ada habisnya. Kearifan lokal serta panorama alam disuguhkan bagi setiap wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam. Salah satu objek wisata itu adalah Bukit Ongakan yang terletak di Desa Besowo Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri. Surga tersembunyi di Kabupaten Kediri itu memang kerap kali menjadi jujukan setiap wisatawan yang menyukai keindahan alam sebagai obat pelipur lelah dari kebisingan Kota.

Bukit Ongakan memang terkenal sebagai salah satu objek wisata di Kabupaten Kediri yang memiliki pemandangan mengagumkan. Berbagai suguhan pemandangan indah seolah memanjakan mata setiap insan yang melihatnya, sehingga bukit Ongakan tak pernah sepi dari kedatangan setiap wisatawan. Tak hanya untuk kunjungan wisata saja, ternyata bukit Ongakan kerap dijadikan sebagai lokasi foto preweding lantaran pemandangan indahnya yang memanjakan mata.

Untuk mencapai Bukit Ongakan bukanlah perkara mudah. Perlu kesabaran yang tinggi lantaran perjalanan menuju lokasi itu jauh dan sulit. Namun, perjalanan akan terasa menyenangkan lantaran sepanjang perjalanan menuju Bukit Ongakan terhampa nuansa alami pegunungan. Pohon-pohon besar yang rindang, semak belukar, dan juga suara burung di alam bebas menambah daya tarik bagi pengunjung.

Selepas menempuh perjalanan kurang lebih 42 kilometer dari Kecamatan Pare, akan sampai di bukit kura-kura. Bukit kura-kura dan pohon cinta ini terbentuk secara alami setelah letusan Gunung Kelud pada 13 Februari 2014 silam. Hal ini karena pepohonan yang menutupi bukit ini terbakar pada saat Kelud meletus sehingga membentuk bukit kura-kura.

Selain itu masih banyak lagi suguhan menarik yang tentunya sayang untuk dilewatkan jika mengunjungi titik nol Ongakan. Untuk sampai di titik nol Ongakan pengunjung harus menempuhnya dengan berjalan kaki sekitar 300 meter dengan kemiringan tanjakan sekitar 75 derajat.

Tapi kelelahan yang dirasakan akan terbayar setelah disuguhi pemandangan yang sangat luar biasa. Spot pemandangan yang dapat dilihat dari sini antara lain Gunung Kawi, Gunung Arjuna, dan puncak Gajah Mungkur. Yang paling dekat adalah puncak Gunung Kelud yang berjarak hanya sekitar 600 meter. Selain itu terlihat juga Waduk Selorejo di sebelah timur laut dan juga Waduk Siman di sebelah utara.

Wisata alam dibalut dengan kearifan lokal penduduknya itu memang tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi di musim liburan akan terjadi kenaikan jumlah wisatawan sehingga pengelola terkadang harus mencetak tiket berkali lipat dari hari biasanya.

Seperti yang diungkapkan Muhamad Arif, pengelola dari LMDH Wana Asri yang merupakan mitra Perhutani. Dia  mengatakan setiap harinya ada sekitar ratusan pengujung yang memadati wisata bukit Ongakan. Bahkan jika ramai, terkadang bisa mencapai hingga 700 pengunjung setiap harinya. “Kami buka pukul 08.00 WIB hingga pukul16.30 WIB,”jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Intan Cholis Widuri yang salah satu pengujung bukit Ongakan. Dia mengatakan kesan pertama sangat menyenangkan meskipun harus melewati  jalan yang susah. “Terbayar sudah dengan pengorbanan saat menuju bukit ini,”ungkap wanita asal Pagu Kabupaten Kediri itu. (angga prasetya)

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here