Beranda Ekbis Saham PT Gudang Garam Tbk

Saham PT Gudang Garam Tbk

0
BERBAGI

RUPS-Gudang-Garam-640x360Kediri, Perusahaan Rokok PT Gudang Garam Tbk membagikan dividen tunai untuk tahun buku 2016 sebesar Rp 5 Triliun lebih atau setara Rp 2.600 per lembar saham. Keputusan tersebut merupakan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan PT Gudang Garam Tbk yang digelar di Hotel Grand Surya Kota Kediri, Sabtu (17/06/2017).

Jumlah dividen sebesar itu, sama persis dengan dividen yang dibagikan untuk tahun buku 2015. Namun mengalami lonjakan yang signifikan dibanding tahun buku 2014 yang hanya membagikan dividen sebesar Rp 800 per lembar saham.

Direktur Gudang Garam Heru Budiman menyatakan, jumlah dividen yang dibagikan bisa stabil sama persis dengan tahun lalu meskipun banyak komponen yang berubah. “Masih Alhamdulillah bisa membagi dividen sebesar itu. Nilainya sama dengan tahun lalu. Tapi masih jauh lebih tinggi dibanding 2 tahun lalu,” jelas Heru Budiman.

Dari segi penjualan, perusahaan rokok yang bermarkas di Kediri ini membukukan sedikit penurunan pada tahun 2016. Untuk penjualan domestik dalam negeri yakni sebanyak 72,989 miliar batang. Menurun dibanding penjualan tahun 2015 sebanyak 74,696 miliar batang. Untuk penjualan luar negeri mengalami sedikit peningkatan yakni mencapai 4,087 miliar batang pada tahun 2016, sedangkan tahun 2015 pada angka 3,951 miliar batang.

Menurut Heru Budiman, ada beberapa kemungkinan penyebab penjualan domestik sedikit menurun. Bisa saja karena ada kebutuhan yang lebih mendesak atau pendapatan pembeli yang sedikit terkuras untuk kebutuhan lain. “Misalnya kenaikan harga cabai, bisa saja itu menyebabkan perokok mengurangi pembelian,” ungkapnya.

Terkait pertanyaan seputar rencana pembangunan bandara yang sedang dilakukan, pihak Gudang Garam tidak bersedia memberikan jawaban. “Kita akan menyampaikan bila sudah waktunya. Sekarang masih no comment,” ucap Herry Susianto, salah satu direktur yang turut hadir dalam press release usai digelar RUPS.

Seperti diketahui, saat ini dikabarkan PT Gudang Garam sudah mendapat restu dari pemerintah untuk membangun bandara udara di kawasan selatan Jawa. Lokasi yang disiapkan adalah kawasan barat sungai Brantas yang berada di Kecamatan Banyakan, Grogol hingga Tarokan. (*)

sumber : agtvnews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here