Beranda Sport Sediakan Jalur Khusus Sepeda

Sediakan Jalur Khusus Sepeda

0
BERBAGI

Kediri, Kota Kediri membuat jalur khusus sepeda di Jalan Veteran, Kecamatan Mojoroto. Jalur tersebut ditempatkan di ruas jalan sebelah kanan dan kiri. Pemilihan Jalan Veteran untuk jalur khusus sepeda karena banyaknya warga yang memanfaatkan sepeda sebagai alat transportasi, terutama kalangan pelajar.

Bambang Tri Laksono, Kepala Seksi Keselamatan dan Ketertiban Lalu lintas Dinas Perhubungan Kota Kediri mengungkapkan lintasan berwarna hijau dan bergambar sepeda angin dengan lebar 1,5 meter tersebut dibuat untuk memisahkan pengguna sepeda dan kendaraan bermotor. Selain untuk meningkatkan keselamatan pengguna sepeda juga untuk menarik minat bersepeda masyarakat.

Penentuan titik yang dibuat jalur sepeda sudah berdasarkan kajian serta analisis Pusat Pengembangan Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan. Yakni diletakkan pada lokasi-lokasi atau kawasan yang memang banyak dilalui pesepeda. “Jadi dibuat di sana tidak sembarangan. Sudah melalui kajian-kajian dan analisis,” ungkap Bambang.

Bambang menambahkan, jalur tersebut sudah mulai dapat difungsikan sejak Desember 2016. Rencananya akan ada beberapa ruas jalan lagi yang akan dibuatkan jalur sepeda. “Tetapi tetap melalui analisis yakni di ruas-ruas jalan yang pengguna sepeda lebih banyak,” pungkasnya.

Mengenai peraturannya, untuk saat ini jalur tersebut digunakan secara kondisional. Kondisional berarti jika pengguna jalan cukup padat, kendaraan bermotor boleh melewati jalur tersebut hanya pada saat mendahului kendaraan lain. Tentunya tidak dalam kecepatan tinggi. “Sejauh ini, saya mengamati belum ada kendaraan bermotor yang melewati jalur tersebut jika jalan sedang lengang,” ujar Bambang.

Sementara itu, Karina Mayasari, salah satu pelajar pengguna sepeda mengatakan, sebenarnya jalur sepeda seperti ini sangat penting untuk pengguna sepeda baik umum maupun pelajar. Sebaiknya tidak hanya di ruas Jalan Veteran saja, jalan lain juga perlu diberi jalur sepeda terutama yang dilewati pelajar. “Cukup bermanfaat juga jalur sepeda seperti ini. Tapi kadang saat jalan mulai padat saya juga sedikit takut jika ada kendaraan bermotor yang tiba-tiba melintas di jalur tersebut,” katanya. (dha)

sumber : koranmemo.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here