Beranda Wisata Wisata Kampung Anggrek Kediri

Wisata Kampung Anggrek Kediri

0
BERBAGI

SATU lagi destinasi wisata hadir di Kabupaten Kediri, yakni Kampung Anggrek. Wisata flora ini berada di kawasan perkebunan Sumber Sari Petung, Desa Sempu Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri.

Untuk menjangkau lokasi Kampung Anggrek sangat mudah. Dari arah Kecamatan Ngancar ke arah Gunung Kelud maka akan menemukan pertigaan yang menyerupai huruh T. Arah kiri akan menuju Gunung Kelud, maka jalan ke Kampung Anggrek belok kanan. Di lokasi ini sudah tersedia rambu-rambu dan petunjuk arah, tinggal mengikuti petunjuk jalan yang tersedia.

Di lokasi ini, pengunjung dapat menikmati sejuknya kawasan lereng Gunung Kelud sambil memanjakan mata melihat aneka bunga anggrek koleksi langka, maupun anggrek silangan atau hibrid. Ada enam jenis anggrek yang dikembangkan secara massal di Kampung Anggrek yakni anggrek bulan (phalaenopsis), dendrobium, vanda, cymbiddium, oncidium dan cattleya.

Kampung anggrek menyediakan 5 greenhouse untuk menampung anggrek yang telah berbunga. Di greenhouse ini tidak kurang dari seribu tanaman anggrek aneka jenis dan warna tersaji segar memanjakan mata. Anggrek yang dipajang di greenhouse ini juga siap dibawa pulang oleh pengunjung.

Pengelola Kampung Anggrek mematok harga anggrek bervariatif tergantung jenis. Namun harganya terbilang murah dibanding membeli di toko bunga, yakni kisaran Rp 25 ribu sampai Rp 50 ribu untuk jenis dendrobium dan Rp 80 ribu sampai Rp 100 ribu untuk anggrek bulan yang mekar sempurna. Tiap tanaman anggrek yang dijual, terdapat banderol di pot .

Salah satu pengunjung Kampung Anggrek asal Surabaya, Novi Handayani, mengaku puas berkunjung ke Kampung Anggrek dan ingin kembali lagi bila ada kesempatan. Tak lupa Novi juga membeli tanaman anggrek untuk dikoleksi.

Saat ini pengelola Kampung Anggrek telah menyiapkan berbagai fasilitas untuk menyambut pengunjung. Diantaranya dengan menambah gazebo dan ruang bersantai yang dilengkapi taman bunga beraneka warna dan jenis. Di gazebo ini pengunjung dapat menikmati sejuknya kawasan lereng Gunung Kelud sambil bersantai bersama keluarga.

Pengelola juga menyediakan beragam permainan anak agar mereka betah berlama-lama di lokasi Kampung Anggrek disaat orang tua mereka memilih anggrek kegemarannya. (*)

ang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here