Profile

Oleh wiranews
0 Komentar 52 Dilihat

 

 

VISI

Terwujudnya Kabupaten Malinau

Yang Mandiri, Damai dan Sejahtera Didukung

Pemerintahan yang Profesional

 

Kabupaten Malinau yang Mandiri

Memiliki kemampuan untuk mendayagunakan potensi local dan sumber daya yang ada, memiliki ketahanan terhadap dinamika yang berlangsung, mampu untuk mengidentifikasi kebutuhan dan masalah yang ada di daerah sehingga mampu mencari solusi dalam mengoptimalkan sumber daya dan potensi yang dimiliki secara tepat guna bagi pembangunan masyarakat Kabupaten Malinau.

Terwujudnya kemajuan ekonomi dalam pemenuhan kebutuhan dasar terutama pada sector pangan, pendidikan, kesehatan. Termasuk juga terpenuhinya kebutuhan sarana dan prasarana perekonomian, kesempatan berusaha/berinvestasi dan bekerja. Lingkungan hidup yang terjaga, serta aspek pembangunan lainnya dengan penekanan pada aspek Sumber Daya Manusia.

Terciptanya kemampuan daya saing daerah dengan meningkatkan kualitas destinasi wisata daerah dan jumlah desa wisata mandiri, peningkatan produksi pertanian, perikanan, dan perkebunan. Peningkatan nilai produksi industry dan perdagangan, serta kontribusi pendapatan asli daerah terhadap pendapatan daerah.

 

Kabupaten Malinau yang DAMAI

Masyarakat Kabupaten Malinau yang terdiri dari berbagai suku bangsa, ras, agama dan budaya dapat hidup dengan tenteram dan rukun, hidup penuh toleransi dan harmonis, serta dpat mencapai keseimbangan social dalam kehidupan bermasyarakat.

Ditengah keragaman dan kemajemukan budaya, masyarakat dapat saling menghargai dan menghormati perbedaan yang ada.

Misi ini diharapkan dapat menciptakan suasana kedamaian diantara berbagai kelompok masyarakat serta mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam ikut mewujudkan ketentraman, ketertiban umum, dan penegakan supremasi hukum.

 

Kabupaten Malinau yang SEJAHTERA

Terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat Kabupaten Malinau seperti sandang, pangan, pendidikan, kesehatan, perumahan, air minum dan sanitasi dengan harapan dapat mengurangi ketimpangan ekonomi, menurunkan jumlah masyarakat miskin, menurunkan tingkat pengangguran terbuka dan kesengjangan social antar wilayah, serta meningkatnya kesempatan kerja dan kesempatan berusaha.

 

Pemerintah yang PROFESIONAL

Berjalannya system pemerintahan secara benar dan bersih (good and clean governance), efektif dan efisien didukung oleh aparatur pemerintahan desa, kecamatan dan pemerintah daerah yang memiliki pengetahuan, keterampilan, keahlian dan responsive terhadap perubahan dan kebutuhan masyarakat.

Misi ini diharapkan mampu mendorong pemerintah menciptakan inovasi baru yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja pemerintah dalam mewujudkan penyelenggaranaan administrasi pemerintahan, perencanaan pembangunan, anggaran dan pelayanan public yang berkualitas, cepat, mudah, murah, menjunjung tinggi nilai kejujuran dan etika profesi, serta mampu membangun asas kesetaraan dalam pelayanan publik yaitu kesamaan dalam mendapatkan perlakuan dan pelayanan.

 

 

 

MISI Pasangan WIRA

 

  • Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Unggul
  • Mewujudkan Pembangunan Ekonomi yang Berbasis Pada Potensi Daerah, Karakteristik dan Kearifan Local
  • Mewujudkan Infrastruktur yang Berkeadilan dan Berkelanjutan
  • Mewujudkan Pemerintah yang Akuntabel dan Transparan

 

Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Unggul

Misi ini secara umum berupaya untuk menciptakan kondisi masyarakat Kabupaten Malinau yang sehata secara jasmani dan rohani, cerdas, produktif, serta memiliki kemampuan, keterampilan, dan keahlian.

Mampu mengandalkan diri sendiri untuk bekerja maupun berusaha, memiliki daya saing, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang tepat guna sesuai dengan bidang dan profesi yang ditekuni baik disektor informal.

Berakhlak mulia dalam masyarakat yang majemuk berbudaya dan beragama, mampu menciptakan kehidupan yang aman, tentram dan rukun, saling menghargai dan menghormati, penuh toleransi dan harmonis, serta melibatkan masyarakat adat dan lembaga adata sebagai mitra dalam pembanguan.

Secara khusus, misi ini mengupayakan terwujudnya generasi muda milenial yang memiliki kekuatan dan kemampuan untuk menghadapi persaingan dan dinamika yang semakin kompleks di era globalisasi.

 

Mewujudkan Pembangunan Ekonomi yang Berbasis Pada Potensi Daerah, Karakteristik dan Kearifan Lokal

Pemerintah daerah akan mewujudkan pembangunan ekonomi Kabupaten Malinau yang dikembangkan sesuai dengan potensi yang dimiliki setiap desa dan kecamatan baik potensi fisik yang berupa tanah, air, iklim, lingkungan geografis, binatang ternak, sumber daya manusia, serta potensi non-fisik berupa masyarakat dengan corak dan interaksinya secara mandiri sesuai kebutuhan masing-masing dan karakteristik wilayah setempat.

Meningkatkan perekonomian masyarakat sebesar-besarnya tanpa mengorbankan tingkat keberlanjutannya (sustainability). Upaya ini akan dipertajam dengan mendodrong meningkatnya pertumbuhan ekonomi dengan memperhatikan ekonomi hijau (green economy), artinya bahwa ada hasil ekonomi yang adil dan merata.

 

Mewujudkan Infrastruktur yang Berkeadilan dan Berkelanjutan

Pembangunan yang dilakukan tetap mempertimbangkan aspek prioritas dan proporsionalitas termasuk kebijakan yang diarahkan untuk menghasilkan infrastruktur berkualitas baik dan berkemampuan (performance) tinggi serta memiliki peran penting dalam mendukung perekonomian daerah dan kualitas hidup masyarakat.

Pembangunan infrastruktur di Kabupaten Malinau akan diprioritaskan lebih kepada pemerataan pembangunan wilayah serta sejalan dengan rencana tata ruang, penataan pusat kota dan peningkatan jalan desa terutama jalan-jalan pertanian, perkebunan dan irigasi. Peningkatan infrastruktur lainnya pun akan dilakukan seperti peningkatan sarana pendidikan, kesehatan dan transportasi.

 

Mewujudkan Pemerintah yang Akuntabel dan Transparan

Misi ini merupakan perwujudan dari kewajiban pemerintah untuk mempertanggungjawabkan pengelolaan sumber daya dan pelaksanaan kebijakan ditetapkan dalam rangka pencapaian tujuan pembangunan Kabupaten Malinau. System manajemen pemerintahan yang berfokus untuk peningkatan kinerja yang berorientasi pada hasil (outcome) serta diperkuat dengan pelaporan keuangan yang akurat dan tepat waktu dan diaudit secara professional untuk memastikan penganggaran yang dilaksanakan efisien dan efektif untuk mencapai tujuan pembangunan.

 

 

5 Program Inovasi Daerah

 

  1. Program Desa Sarjana
  • Dididik minimal satu orang (putra/putri) berprestasi akademik yang akan diarahkan untuk menguasai disiplin ilmu pada jenjang Sarajana (Terapan/Sarjana/Pasca Sarjana) yang sesuai dengan karakteristik, potensi, serta kebutuhan Desa.

 

  1. Program Milenial Mandiri
  • Kaum milenial akan difasilitasi untuk mendapatkan pelatihan, pembinaan, serta sertifikasi di bidang ilmu pengetahuan dan Teknologi Terapan serta keterampilan kerja dan keterampilan wirausaha (entrepreneurship) pada sector informal berskala kecil dan menegah.

 

  1. Program RASDA PLUS
  • Pengembangan dari program Beras Daerah oleh pemerintah sebelumnya. Dalam pelaksanaannya Pemerintah Daerah melakukan ekstensifikasi pertanian, kebijakan yang ditempuh adalan perluasan lahan dan perlindungan lahan pertanian.

 

  1. Program RT BERSIH
  • Mempertajam implementasi dari setiap unsur yang terkandung dalam filosofi RT BERSIH. Pemerintah daerah beserta pemerintah desa akan lebih bersinergi bersama-sama dalam berbagai kebijakan pembangunan daerah di masa yang akan dating.

 

  1. Program WM Maju (Wajib Belajar Malinau Maju)
  • Pengembangan dari program Wajib Belajar. Program WM merupakan implementasi dari peran pemerintah daerah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa agar memiliki pengetahuan untuk berkembang menjadi kreatif, mandiri, bertanggung jawab, sehat jasmanai dan rohani.

 

 

Tinggalkan Komentar