Hasil Survei Indikator, Elektabilitas Wempi – Jakaria Tertinggi

Oleh wiranews
0 Komentar 49 Dilihat

WIRAnews.com, MALINAU – Lembaga survei Indikator merilis hasil survei terbaru untuk Pilkada Kabupaten Malinau tahun 2020.

Dalam hasil survei tersebut, Burhanuddin Muhtadi, Direktur Eksekutif Indikator, menyebutkan bahwa paslon nomer urut 3 Wempi – Jakaria unggul secara signifikan di bandingkan kedua paslon lainnya. dalam 3 kategori yaitu survei Top of Mind, simulasi tertutup, dan simulasi surat suara, Wempi – Jakaria secara konsisten memimpin kompetisi Pilkada di Kabupaten Malinau. dalam simulasi surat suara, elektabilitas Wempi – Jakaria (WIRA) berada di posisi 40,1%, sedangkan paslon Marthin Labo – Dt. Nassir (MANDAT) ada di posisi 28,1% lalu elektabilitas paslon Jhonny – Muhrim (JM) berada di posisi terakhir dengan 11,5%.

Faktor yang mempengaruhi Elektabilitas Wempi – Jakaria meningkat ialah karena popularitas dan kedisukaan mereka di masyarakat sangat tinggi. selain itu, juga karena apresiasi dan kepuasan masyarakat terhadap pemerintahan sebelum nya cukup tinggi yaitu di angka 77,5%. terlebih pasangan Wempi – Jakaria juga akan melanjutkan dan meningkatkan program – program pada pemerintahan sebelum nya yang baik dan di terima masyarakat.

Kesadaran masyarakat Kabupaten Malinau akan Pilkada tahun 2020 sudah cukup tinggi, yakni berada di angka 96,6%. meskipun Burhanuddin mengingatkan, agar setiap paslon bisa menggerakkan semua pendukung nya untuk datang ke TPS dan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid -19.

“Pilihan masyarakat pun sudah relatif tetap, mereka yang sudah memiliki pilihan sekitar 73,4%, sisanya baru akan memutuskan menjelang hari pencoblosan. berarti masih ada sekitar 26% potensi suara yang masih bisa di perebutkan ketiga paslon” jelas Burhanuddin.

Survei Indikator Politik Indonesia ini di lakukan dengan Multistage Random Sampling pada tanggal 14 – 23 November 2020 di 7 Kecamatan dengan populasi terpadat di Malinau. populasi survei ini adalah seluruh warga Negara Indonesia di Kabupaten Malinau yang punya hak pilih pada Pilkada 9 Desember tahun 2020, yaitu mereka yang berusia 17 tahun keatas.

Bonggas Adhi Chandra, Dosen Universitas Paramedina Jakarta, yang juga seorang pengamat politik memprediksi bahwa pasangan calon Wempi – Jakaria akan memenangkan Pilkada di Kabupaten Malinau tahun 2020 ini.

Ia mengatakan dari pengamatan nya di beberapa Pilkada, dalam waktu satu bulan terakhir dinamika Elektabilitas akan berada di rentang 5% – 8%. jadi, selisih pasangan calon Wempi – Jakaria akan sulit terkejar.

“Bila potensi suara yang belum menentukan pilihannya sebanyak 26% itu terbagi ke ketiga paslon maka keunggulan suara Wempi – Jakaria akan tetap diatas dua paslon lainnya” tutup Bonggas yang juga seorang Direktur Eksekutif Politician Academy.(ag).

Pos Terkait

Tinggalkan Komentar