Speed Boat Dewa Sebakis 3 Terbakar di Tarakan

WIRAnews.com, TARAKAN – Speed Boat (SB) Dewa Sebakis 3 terbakar hebat di dekat dermaga Tengkayu kota Tarakan Kalimantan Utara, Minggu (28/3/2021).

SB.Dewa Sebakis 3 merupakan speed boat regular yang biasa memuat penumpang tujuan Tarakan – Nunukan dan sebaliknya.

Saksi mata kejadian Kamaruddin menuturkan, ia sebelumnya menaiki SB Dewa Sebakis 3 dari Nunukan menuju Tarakan.

Adanya kebakaran SB Dewa Sebakis 3 membuatnya seakan akan baru saja lepas dari maut.

Kamaruddin menceritakan, saat menaiki SB Dewa Sebakis di jam pelayaran pagi, mesin kapal sempat macet sebelum bersandar di dermaga Tengkayu Tarakan sekitar pukul 11.30 wita.

‘’Tadi waktu mau sampai dermaga mesin sempat mati, mungkin mesinnya bermasalah atau kehabisan BBM saya kurang tahu. Tapi akhirnya bisa juga sampai pelabuhan Tarakan,’’tuturnya.

Saksi mata lain, Basir mengatakan, saat kebakaran terjadi, SB. Dewa Sebakis 3 hendak mengambil penumpang untuk penyeberangan Tarakan – Nunukan.

‘’Jadwal keberangkatan sekitar 14.30 wita. Jadi waktu terbakar, belum ada penumpang yang naik. Speed boat baru saja mengisi BBM untuk perjalanan ke Nunukan,’’katanya.

Sejumlah calon penumpang, bahkan sudah mengantre di dermaga penumpang Tengkayu.

Mereka menyaksikan api cukup besar membakar habis speed boat berkapasitas 50 penumpang tersebut, pada jarak sekitar 200 meter dari dermaga.

‘’Para penumpang dialihkan ke speed lain. Tidak sedikit juga yang diberangkatkan menggunakan speed boat kecil milik perorangan,’’lanjutnya.
Dikonfirmasi terkait kronologis kebakaran, Kapolres Kota Tarakan AKBP. Fillol Praja Arthadira mengungkapkan, kebakaran diduga akibat trouble engine.

‘’Kejadiannya sekitar pukul 13.50 wita. Saat salah satu saksi (ABK) menyalakan mesin, muncul api dan terdengar ledakan cukup keras dari bagian pembuangan uap mesin,’’ujarnya.

Setelah ledakan terjadi, tiba tiba saja api langsung membesar di bagian tengah kapal. Seorang motoris dan 3 ABK, langsung terjun ke laut menjauh dari speed boat.

Kebakaran terjadi sekitar satu jam sebelum akhirnya Petugas Pemadam Kebakaran berhasil mengendalikan api sepenuhnya. Fillol menambahkan, speed boat SB Dewa Sebakis 3 memang baru saja selesai melakukan ceck mesin sekaligus mengisi BBM, dan akan bersandar untuk memuat penumpang.

‘’Saat ini bangkai kapal masih ada di lokasi kejadian, Alhamdulillah tidak ada korban jiwa karena motoris dan ABK menceburkan diri ke laut. Kerugian material ditaksir sekitar Rp 4 miliar,’’katanya.

Reporter : Viqor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *