Plh. Bupati Malinau Dampingi Kunker Gubernur & Wagub Serta Rombongan Menabur Benih Ikan dan Udang di Sungai Malinau

WIRAnews.com, Malinau-Kunjungan kerja Gubernur Kaltara di Kabupaten Malinau tepatnya di Desa Wisata long loreh Kecamatan Malinau Selatan dalam rangka penaburan benih ikan dan udang di dermaga Desa wisata Long Loreh sambut antusias oleh masyarakat pada sabtu (17/7)

Kegiatan ini juga dihadiri Wakil Gubernur Kalimantan Utara Yansen TP, Anggota DPD RI Marthin Billa, Danrem 092 Maharajalila Brigjen TNI Suratno, Plh Bupati Malinau Ernes Silvanus, Ketua DPRD Malinau Ping Ding, Kapolres Malinau, AKBP Agus Nugraha, Dandim 0910 Malinau Letkol Inf. Sofwan Nizar, serta jajaran manajemen PT Kayan Putra Utama Coal (PT KPUC), tokoh adat dan masyarakat Malinau.

Plh. Bupati Malinau Dr. Ernes Silvanus, S.Pi, MM dalam sambutanya mengatakan Penaburan benih ikan dan udang ini akan dilakukan pada 19 titik yaitu pada titik Desa Langap sampai Desa Malinau Kota. Sedangkan titik penaburan benih dan udang ini disesuaikan dengan jenis ikan dan jenis arus yang nanti akan disebarkan.

Secara teknis nanti akan diserahkan kepada Dinas Perikanan untuk diteruskan, dan hari ini salah satu titik penaburannya adalah Desa Sengayan dan Desa Wisata Long Loreh, Kecamatan Malinau Selatan.

Dengan mengacu pada surat keputusan Bupati Malinau Nomor 660.5/K.86 Tahun 2021 yang dikeluarkan pasca kejadian jebolnya tanggul kolam penampungan air limbah di limpasan area tuyak bawah yang mengakibatkan pencemaran dan kerusakan ekosistem di sungai malinau.

Pemerintah kabupaten Malinau menghimbau kepada PT. KPUC untuk segera memperbaiki kolam penampungan tuyak bawah serta memperkuat dan memperlebar penampungan lainnya yang masih digunakan untuk menampung lumpur material tanah.

Sebagai lanjutan dari tanggung jawab perusahaan terhadap ekosistem Sungai Malinau maka ditebarlah beberapa jenis benih ikan dan udang pada hari ini

“Kita berharap dengan adanya kegiatan penaburan benih ikan dan udang ini dapat memulihkan ekosistem sungai yang ada di sungai-sungai Malinau,”ucap Plh Bupati. (*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.