Sungai Kerayan Banjir Rendam Beberapa Desa

WIRAnews.com, NUNUKAN – Cuaca penghujan mengakibatkan sungai kerayan meluap dan membanjiri pemukiman warga di dataran tinggi Krayan kabupaten Nunukan Kalimantan Utara, Kamis 20/5/2021.

Camat Krayan Induk, Heberly mengatakan banjir telah menghanyutkan lumbung padi dan merendam sejumlah sawah milik warga.

‘’Sementara informasi yang kami dapat beberapa lumbung padi hanyut dan sawah-sawah terendam,’’ ujar Heberly, Kamis (20/05).

Akses menuju pusat ekonomi dan pelayanan di Long Bawan saat ini terputus karena banjir.

Diketahui banjir bersumber dari sungai Pa’ Bawan dan Pa’ Lutut yang meluap karena tingginya intensitas hujan di Krayan beberapa hari ini.

‘’Kita siapkan skema evakuasi, kami juga sudah laporkan kondisi ini ke BPBD. Karena hujan mengguyur cukup lebat dan potensi air naik masih akan terus terjadi dan semakin meluas,’’ kata Heberly.

Salah satu tokoh masyarakat Kerayan Yasan Paren kepada media ini menjelaskan, batang Sungai Kerayan besar.

“Sungai Kelayan sendiri memiliki anak sungai Pa’ ibang, Sungai Bulu, sungai Kuyur dan Sungai Bude, nah sungai-sungai ini juga meluap”, jelasnya.

Lokasi pa upan terdiri dari lima desa Pa’ upan, Pa’ kaber, Pa’ ibang, Pa’ amai dan long birar. Lebih kurang 120 KK yang teremdam banjir.

“Diperkirakan air sungai meluap dengan deras mulai jam 6.00 pagi dengan ketinggian lebioh kurang 1,5 meter”, ujarnya.(***).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.