Sail To Campus, Komitmen Menjaga Kelestarian Ekosistem Pesisir dan Laut Timur Sulawesi

WIRAnews.com, PALU – Sail To Campus, Eco Nusa berkaloborasi dengan empat Kampus terbesar diwilayah Timur Sulawesi tengah, komitmen menjaga kelestarian ekosistem pesisir dan laut Indonesia, khususnya Banggai dan Poso.

Didukung puluhan organisasi dan komunitas yang berada di Kabupaten Banggai dan Poso, rangkaian acara lingkungan ini berangsur selama 4 hari, 22-26 Mei 2021 dengan titik fokus di dua kota besar yang ada di Sulteng.

Kordinator kegiatan, Lady Khartiono, mengungkapkan bahwa kegiatan Sail To Campus dengan melibatkan puluhan organisasi dan komunitas ini merupakan wujud kepedulian terhadap ekosistem laut Indonesia, khususnya Banggai dan Poso.

“Dari penanaman mangrove sampai transplantasi terumbu karang menjadi agenda selama kegiatan di dua kampus” Katanya.

Sail To Campus oleh Eco Nusa, Untika Luwuk, Unismuh Luwuk, Unsimar Poso dan Unkrit Tentena ini juga mendeklarasikan beberapa point. Antara lain, menjaga kelestarian ekosistem laut Indonesia, utamanya di pesisir Banggai dan Poso melalui pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan dan berkeadilan.

Menjadi garda terdepan dalam mempraktikkan dan mengutamakan budidaya perairan berkelanjutan serta mengurangi penggunaan sampah plastik sekali pakai di lingkungan Unismuh, Untika, Unsimar, Unkrit dan masyarakat Kabupaten Banggai serta Poso pada umumnya.

“Kegiatan ini bukan saja bermanfaat bagi mahasiswa, Pemuda Banggai dan pembudidaya tambak, tetapi juga menyatukan empat universitas di dua Kabupaten besar di Sulawesi Tengah yaitu Kabupaten anggai dan Poso” Tutup Dosen Fakultas Perikanan, Unismuh Luwuk ini.

Reporter : Msa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.