Dirgahayu Ke- 14 Tahun, Danbrigif 24/BC Datangi Markas Yonif 614 Raja Pandhita

WIRAnews.com, MALINAU – Danyon dan para Prajurit Batalyon Infanteri 614 Raja Pandhita menyambut kedatangan Komandan Brigade Infanteri (Danbrigif) 24/Bulungan Cakti didampingi Ketua Persit KCK Cabang LX Brigif 24 beserta rombongan di Markas Yonif 614 Raja Pandhita, Desa Belayan, Kecamatan Malinau Utara, Kabupaten Malinau, Selasa (9/8/2022) pagi.

Pada saat tiba di pintu gerbang utama, Danbrigif 24/BC Letkol Inf. Teguh Wiratama yang didampingi Ny. Dori Teguh Wiratama menerima laporan dari Danyonif 614 Raja Pandhita Mayor Inf. Fery Perbawa dilanjutkan dengan pengalungan bunga diiringi tari-tarian dari Ibu-ibu Persit KCK Ranting 3 Yonif 614 dan nyanyian dari para Prajurit.

“Usai menerima laporan resmi dari Danyonif kita lanjutkan dengan paparan Satuan, lalu kegiatan penanaman pohon di lingkungan Markas Yonif 614/Rjp,” ucap Danbrigif Letkol Inf Teguh Wiratama, Selasa (9/8/2022).

Sebelumnya, Yonif 614 Raja Pandhita telah melakukan Tradisi Upacara Pencucian Tunggul dalam rangka HUT yang Ke- 14 dilanjutkan dengan kegiatan Pemberian Tali Asih kepada Keluarga Keturunan Raja Pandhita di Kabupaten Malinau.

Dalam momentum Hari Ulang Tahun ke- 14 Yonif 614/RJP dan rangkaian kunjungan kerjanya, Letkol Teguh Wiratama juga meresmikan sejumlah sarana dan prasarana untuk menunjang aktivitas serta kegiatan para Prajurit di Satuan Batalyon Infanteri.

“Saya tadi menyerahkan Stik Penatarama Drumband genderang Gita Candra Raja Pandhita. Ini merupakan yang pertama Brigif 24/BC memiliki Drumband. Semoga dengan adanya Drumband para anggota semangat dan lebih bangga pada Satuannya,” ucapnya.

Lalu, dengan adanya Drumband di tingkat Satuan Yonif 614 Raja Pandhita ini, kata dia, kedepan diharapkan dapat mendukung kegiatan-kegiatan yang bersifat resmi baik di tingkat Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Provinsi Kaltara.

Kemudian, Danbrigif Letkol Inf Teguh Wiratama pun melanjutkan peresmian Bangunan Paud-TK Kartika V-40 dan Lapangan Tennis di Markas Yonif 614 Raja Pandhita.

Pada momen Hari Jadi yang ke- 14 Tahun tersebut, kepada para Prajurit Batalyon Infanteri 614/ RJP, Letkol Teguh Wiratama berpesan agar lebih semangat, latihan tetap berjalan dan harus siap menanti penugasan berikutnya.

“Kita persiapkan para Prajurit ini yang insyaallah tahun depan akan ditugaskan ke Papua. Tentu mental dan fisik akan lebih kita tempa kepada para Prajurit yang akan diberangkatkan agar lebih siap dalam penugasan,” imbuhnya.

Ia menambahkan, sinergitas antara Pemerintah Daerah maupun Stakeholder terkait lainnya merupakan kunci untuk menghadapi segala bentuk tantangan dan ancaman yang masuk ke Indonesia, utamanya di wilayah perbatasan.

“Solidaritas dan sinergitas baik antara TNI-Polri maupun Pemerintah Daerah mutlak diperlukan sebagai sumber kekuatan strategis dalam rangka menghadapi berbagai tantangan yang semakin kompleks,” ujarnya.

Komandan Brigif 24/Bulungan Cakti, Letkol Inf Teguh Wiratama berharap dengan bertambahnya usia ini para Prajurit di Yonif 614 Raja Pandhita agar tetap bersikap dewasa, bijak dan profesiaonal menjalankan tugas untuk mendukung Pemerintah dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Malinau.

Diketahui, acara syukuran HUT Yonif 614/RJP digelar dengan berbagai rangkaian kegiatan seperti pertunjukan Drumband, Lomba, Peresmian Sarpras, maupun pemotongan Tumpeng. Kegiatan turut dimeriahkan oleh seluruh jajaran Prajurit di Markas Yonif 614/RJP.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.