Sambut Kepulangan Jamaah Haji Malinau, Kepala Kemenag : Semua Jamaah Keadaannya Sehat

WIRAnews.com, MALINAU – Kepulangan jamaah haji asal Kabupaten Malinau dari Tanah Suci Mekkah disambut langsung oleh Kepala Kemenag Malinau bersama para tokoh Agama dan keluarga, Sabtu (13/8/2022) siang, di depan Bandara R.A Bessing Malinau.

Kemudian para jamaah langsung di bawa ke Masjid An-Nur Malinau Kota untuk dilangsungkan nya prosesi doa bersama.

Kepala Kemenag Malinau, H. Syapriansyah Alie mengatakan, terkait rangkaian kepulangan jamaah Haji asal Malinau yang masuk dalam kloter 7 diketahui juga tergabung dengan jamaah Haji dari Provinsi Kalimantan Timur.

“Jamaah secara keseluruhan sudah dinyatakan sehat. Jadi negatif untuk antigennya. Karena begitu mereka mendarat dari Madinah pada jam 02.30 pagi menuju embarkasi Balikpapan jam 11.00 WIB kemudian langsung di Swab Antigen. Alhamdulillah semua jamaah sehat wal afiat,” ucapnya.

Ia menambahkan, untuk jumlah jamaah haji asal Malinau jumlahnya ada 24 orang.

“Dari jumlah jamaah haji yang 24 orang tersebut, diketahui ada dua orang yang berasal dari Kota Tarakan. Jadi, mereka langsung pulang menemui keluarga di Tarakan,” imbuhnya.

Secara teknis terkait rangkaian keberangkatan hingga kepulangan semua jamaah haji semua berjalan baik dan tidak ada masalah.

Lalu, dari sisi kesehatan, kata dia, jamaah haji asal Malinau semua sehat. Namun, ada dua orang yang saat didalam perjalanan pulang mengalami kelemahan pada lutut, karena sudah lansia.

“Usia dua orang jamaah tersebut diatas 60 Tahun. Jamaah ini tergolong tertua saat melakukan ibadah haji. Tapi masih bisa berjalan, meski dengan perlahan dan dibantu kursi roda,” katanya.

Ia menilai, pelaksanaan ibadah haji untuk jamaah asal Malinau yang dikoordinir oleh Pemerintah Daerah dan jajaran Kementerian Agama sudah berjalan sangat baik.

“Artinya para petugas dalam menghadapi dan memberikan pelayanan kepada jamaah haji cukup baik. Kemudian di Embarkasi pelayanannya baik, penginapannya bagus termasuk semua kebutuhan makanan jamaah terpenuhi setiap hari,” jelasnya.

Secara keseluruhan, pelaksanaan ibadah haji tahun ini cukup baik dan semoga kedepan ini dapat berlanjut.

Ia juga berharap kepada jamaah haji agar sepulangnya ke kampung halaman dapat memberikan contoh yang baik kepada masyarakat di sekitarnya.

“Dan doa kita semua semoga 24 jamaah Haji menjadi haji yang mabrur dan menjadi tauladan di tengah-tengah masyarakat dari perilaku dan keagamaan, sehingga membangun ukuwah islamiah, basariah dan watoniah,”ungkapnya.

Lebih lanjut, H. Syapriansyah juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh petugas yang telah berpartisipasi dalam seluruh proses pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji tahun ini.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.