Diikuti 151 Peserta, Bupati Wempi Secara Resmi Buka Lomba Balap Ketinting Semarak Hari Jadi Ke-23 Malinau

MALINAU, WIRAnews.com – Bupati Malinau, Wempi W Mawa menghadiri dan membuka secara resmi kegiatan Lomba Balap Perahu Ketinting, dalam rangka memperingati Hari Jadi atau Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-23 Kabupaten Malinau, di Siring Sungai Seluwing, Kecamatan Malinau Kota, Kamis (27/10/2022) siang.

Kegiatan ini turut dihadiri Camat Malinau Kota, Muhammad Yusuf, Kepala OPD terkait, perwakilan jajaran Forkopimda Malinau dan masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya, Bupati Wempi mengatakan, seperti yang pernah disampaikan sebelumnya pada perayaan HUT Ke-23 Kabupaten Malinau bahwa Lomba Balap Ketinting akan kembali dilaksanakan.

“Sesuai janji saya, pada perayaan HUT Ke-23 Kabupaten Malinau kita akan menggelar kembali Lomba Balap Ketinting. Oleh karena itu, kepada seluruh peserta yang jumlahnya 151 orang, ini merupakan jumlah peserta terbanyak dari Lomba Balap Ketinting sebelumnya,” ucap Bupati Wempi.

Ia berharap, selain perlombaan ini menjadi ajang bagi para Pebalap Perahu Ketinting, sekaligus ini dapat menjadi tempat berwisata untuk masyarakat Kabupaten Malinau.

“Ini juga dapat memberikan peluang ekonomi secara khusus bagi pelaku UMKM yang hadir sepanjang arena lomba atau bantaran sungai,” tuturnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini tentunya merupakan ajang menjalin silaturahmi, semua pihak. Maka dari itu, dirinya juga berpesan pada pihak panitia, maupun dewan juri maupun peserta lomba agar menjaga sportivitas pada kegiatan lomba.

“Pada acara pembukaan lomba balap perahu ketinting ini saya berpesan kepada semua pihak, baik panitia maupun juri hingga peserta lomba agar bisa bersama-sama menjunjung tinggi sportivitas pada saat perlombaan. Dan ini tentunya juga sebagai ajang untuk menjalin silaturahmi,” ujarnya.

Diketahui, pelaksanaan kegiatan ini diikuti oleh sejumlah peserta dengan 5 kategori yang berjumlah 151 peserta.

Dalam rinciannya ada 5 kategori yang dilombakan, diantaranya Kelas Nelayan 44 peserta, Kelas 6-7 PK Lokal 26 peserta, Kelas 4 Meter Lokal 28 peserta, Kelas 6-7 PK Open 43 peserta, Kelas Open 13-18 PK 10 peserta.

Mudah-mudahan dalam kegiatan lomba yang digelar selama 3 hari ini, kata Wempi, usaha-usaha masyarakat yang disajikan selama perlombaan juga mendapatkan keuntungan.

“Bukan hanya Pebalap Ketinting yang dapat menyalurkan hobi dan bakatnya di bidang olahraga ini, namun usaha-usaha UMKM masyarakat juga harus hidup dan mendapatkan untung,” ungkapnya.

Terakhir, ia berpesan para peserta harus selalu menjaga standar keselamatan selama perlombaan berlangsung.

“Sehingga seluruh rangkaian kegiatan perlombaan ini dapat berjalan dengan aman dan selamat serta sukses bagi kita semua,” imbuhnya.

“Kegiatan Lomba Balap Ketinting dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-23 Kabupaten Malinau, tepatnya jatuh pada tanggal 26 Oktober 2022 saya nyatakan dibuka secara resmi pada sore hari ini,” pungkasnya.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *