Wabup Jakaria Resmi Tutup Lomba Balap Ketinting dalam Rangka HUT Ke-23 Kabupaten Malinau

- Jurnalis

Jumat, 29 Juli 2022 - 11:36 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

MALINAU, WIRAnews.com “ Wakil Bupati Malinau, Jakaria S.E.,M.Si menutup secara resmi Lomba Balap Ketinting dalam Rangka HUT Ke-23 Kabupaten Malinau di Siring Seluwing, Kecamatan Malinau Kota, Sabtu (29/10/2022).

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Malinau memberikan apresiasi kepada para panitia dan menyambut baik atas digelarnya Lomba Balap Ketinting tersebut. Karena menurutnya, Lomba ini selain merupakan olahraga tradisional yang sangat menarik antusias masyarakat sekaligus dapat menjadi daya tarik wisatawan dan menambah potensi ekonomi UMKM masyarakat sekitar. Pada penutupan Lomba Balap Ketinting ini, selain masyarakat kegiatan juga turut dihadiri perwakilan jajaran Forkopimda Malinau, anggota DPRD Malinau, Camat Malinau Kota, Kepala Desa dan dan para Ketua RT setempat.

Sebelumnya,Ketua Panitia Suhedi Abdullah Sagap menjelaskan, pelaksanaan Lomba Balap Ketinting ini diikuti oleh 151 peserta dan dibagi menjadi 5 kategori. Secara keseluruhan ada 5 kategori yang dilombakan, diantaranya Kelas Nelayan 44 peserta, Kelas 6-7 PK Lokal 26 peserta, Kelas 4 Meter Lokal 28 peserta, Kelas 6-7 PK Open 43 peserta, Kelas Open 13-18 PK 10 peserta. dan kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, dimulai pada tanggal 27 hingga 29 Oktober 2022 hari ini, tegasnya.

Baca Juga :  Puskesmas Malinau Kota Berhasil Di-Re-Akreditasi dengan Nilai Paripurna

Wakil Bupati Malinau, Jakaria S.E.,M.Si dalam sambutannya menyampaikan, apabila masyarakat terhibur dengan Lomba Balap Ketinting yang telah digelar, maka kedepannya Pemerintah Daerah merencanakan akan melaksanakan kembali event ini di tahun depan. Saya pastikan bahwa tahun depan dalam rangka perayaan Hari Jadi Kabupaten Malinau yang ke- 24 tahun 2023, di bulan Oktober insyaallah Lomba Balap Ketinting ini akan kita gelar kembali dan lebih kita semarakkan lagi, ujarnya.

Mungkin nanti panitia dapat berkoordinasi dengan Bapak Sekda Lomba Balap Ketinting jenis apalagi yang akan kita lombakan di tahun depan. Karena Bapak Bupati sudah mengatakan bahwa tahun 2023 kita akan melaksanakan perayaan Irau dalam rangka HUT Malinau yang Ke-24 Tahun, tambahnya. Ia menilai, dengan adanya perlombaan Balap Ketinting ini semangat masyarakat yang mayoritas nelayan baik yang berada di Kabupaten Malinau maupun luar kabupaten sangat antusias luar biasa.

Karena jika kita lihat setelah beberapa kali Lomba Balap Ketinting dilaksanakan, pasti selalu menarik animo masyarakat dan peserta yang cukup besar, ungkapnya. Kepada para seluruh peserta utamanya para juara Balap Ketinting pada HUT Ke-23 Kabupaten Malinau ini, Wabup Jakaria berpesan baik yang sudah menjadi juara maupun yang belum menjadi juara ini hanya masalah waktu dan kesempatan serta rezeki masing-masing orang. Karena tadi pun saat perlombaan berlangsung, tambahnya, peserta yang di posisi terakhir pun masih bisa dapat juara.

Baca Juga :  Buka Diklasar PMI, Bupati Wempi : Jadikan Prinsip Dasar PMI Sebagai Pedoman dan Komitmen dalam Bertugas

Hal itu karena kesabarannya sehingga dapat meraih juara. Ia berharap kedepan, para peserta atau joki Balap Ketinting dapat terus meningkatkan motivasi dan keterampilan dalam mengendarai sebuah Perahu Ketinting. Ia menyebutkan, semoga ditahun depan Lomba Balap Ketinting akan lebih meriah digelar.

Sehingga kehidupan bermasyarakat tetap terjalin dan roda perekonomian UMKM masyarakat sekitar dapat berjalan dan tumbuh. Pertumbuhan ekonomi khususnya UMKM masyarakat adalah salah yang menjadi prioritas Pemerintah Daerah, kata dia, agar lebih mendorong Perekonomian Kabupaten Malinau bangkit kembali. Saya berpesan kepada seluruh masyarakat Malinau tetap jaga kekompakan, ketenangan dan semangat gotong royong yang tinggi untuk bersama-sama membangun Kabupaten Malinau, Bumi Intimung yang kita cintai menjadi lebih maju dan sejahtera, pungkasnya.(**)

Berita Terkait

Wempi dan Jakaria Terima Surat Keputusan dari Partai Demokrat untuk Pilkada Malinau 2024
Keterlambatan Penyerahan Hadiah Dana Pembinaan Christmas Cup XXIV 2023, Panitia Sampaikan Permintaan Maaf
Sekda Malinau Dr. Ernes Silvanus Resmi Menutup Turnamen Sepak Bola Bupati Malinau Cup 2024
KPU Malinau: Bakal Paslon Pilkada 2024 Harus Sesuaikan Visi-Misi dengan RPJPD
Pemda Malinau Dukung Penuh Survei Penilaian Integritas KPK 2024
Bupati Malinau Wempi W Mawa Hadiri Upacara Penutupan Pendidikan, Pelantikan, dan Pengambilan Sumpah Bintara Polri Gelombang I Tahun Anggaran 2024
Ketua TP PKK Kabupaten Malinau, Ny. Maylenty Wempi, SE, Laksanakan Kunjungan Kerja ke Kecamatan Malinau Barat
Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Malinau Ucapkan Terima Kasih atas Partisipasi dalam FGD Penyusunan RPJMD 2025-2029

Berita Terkait

Minggu, 21 Juli 2024 - 15:32 WITA

Wempi dan Jakaria Terima Surat Keputusan dari Partai Demokrat untuk Pilkada Malinau 2024

Sabtu, 20 Juli 2024 - 15:22 WITA

Keterlambatan Penyerahan Hadiah Dana Pembinaan Christmas Cup XXIV 2023, Panitia Sampaikan Permintaan Maaf

Sabtu, 20 Juli 2024 - 00:46 WITA

Sekda Malinau Dr. Ernes Silvanus Resmi Menutup Turnamen Sepak Bola Bupati Malinau Cup 2024

Rabu, 17 Juli 2024 - 13:15 WITA

Pemda Malinau Dukung Penuh Survei Penilaian Integritas KPK 2024

Kamis, 11 Juli 2024 - 16:14 WITA

Bupati Malinau Wempi W Mawa Hadiri Upacara Penutupan Pendidikan, Pelantikan, dan Pengambilan Sumpah Bintara Polri Gelombang I Tahun Anggaran 2024

Berita Terbaru

Internasional

Polisi Diserang di Paris Menjelang Olimpiade 2024

Sabtu, 20 Jul 2024 - 01:14 WITA