Diramaikan 5.000 Peserta, Bupati Wempi Lepas Karnaval Budaya Meriahkan HUT Ke- 77 RI

WIRAnews.com, MALINAU – Bupati Malinau, Wempi W Mawa didampingi Wabup Jakaria melepas ribuan peserta Karnaval Budaya dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 Republik Indonesia yang berlangsung di Seluwing Desa Malinau Kota, Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Sabtu (13/8/2022) pagi.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kecamatan Malinau Kota untuk memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke- 77.

Dalam sambutannya, Bupati Wempi W Mawa mengatakan, 77 Tahun yang lalu bangsa Indonesia telah merdeka. Rakyat Indonesia berjuang bersama-sama merebut Kemerdekaan itu.

“Hari ini kita ada disini, bersama memperingati rangkaian dalam menyambut HUT Republik Indonesia. Sungguh perjuangan kita hari ini masih belum seberapa dengan semua pengorbanan para pejuang terdahulu. Bahkan jiwa dan raga mereka telah korbankan untuk bangsa ini,” ucap Bupati Wempi dalam sambutannya dengan semangat yang berapi-api, Sabtu (13/8/2022).

Ia menyebut hari ini merupakan momentum untuk menunjukkan Keanekaragaman Budaya sebagai bangsa yang bermartabat, meski berbeda suku dan agama.

“Kita harus tunjukkan di Kabupaten Malinau ini adalah Indonesia yang bersatu, berdaulat dan masih mempersatukan perbedaan-perbedaan diantara kita. Hidup berdampingan dan saling menghargai satu sama lain,” ucapnya.

Sedikit bernostalgia, Bupati Wempi menuturkan bahwa 43 Tahun yang lalu ia pun sama seperti peserta yang turut ikut memeriahkan Kemerdekaan HUT RI.

“Kurang lebih 43 Tahun yang lalu saya pun juga seperti adik-adik ini, berdiri berjalan bersama-sama dengan semua teman pada saat itu. Satu kebanggaan dan kehormatan jika kita bisa hadir dalam perayaan HUT Kemerdekaan seperti hari ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Malinau Kota, Muhammad Yusuf memaparkan, jumlah peserta yang mengikuti Karnaval Budaya tersebut terdiri dari 43 kelompok.

Ia menyebutkan, kegiatan dalam rangka menyambut HUT ke 77 RI tersebut diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat.

Mulai dari tingkat pelajar semua jenjang Pendidikan, Pemerintah RT, Desa, Kecamatan, Paguyuban, Lembaga Adat dan masyarakat desa di Kecamatan Malinau Kota.

“Jumlah kelompok peserta ada 45 yang telah mendaftarkan diri. Dengan kisaran peserta yang berpartisipasi 5.063 orang peserta,” ujar Muhammad Yusuf dalam laporannya.

Ia menerangkan sama seperti lomba gerak jalan Indah Tingkat Pelajar, Karnaval atau Pawai Budaya ini juga merupakan bagian dari perayaan HUT ke 77 RI di Malinau Kota.

Diketahui, ribuan peserta telah memadati jalan sejak pagi tadi di sepanjang Jalan Seluwing, menuju Jalan Panembahan dan titik akhir di Terminal Kecamatan Malinau Kota.

Disebut sebagai rangkaian peringatan HUT Ke-77 RI terbesar setelah Kecamatan Malinau Kota dimekarkan tahun 1999 lalu.

“Kegiatan seperti ini mengingatkan kita pada memori di masa lalu. Saat Malinau Kota masih Kecamatan Malinau, sebelum pemekaran Kabupaten Malinau. Dengan jumlah peserta bisa disimpulkan inilah kegiatan yang paling besar,” ungkap Yusuf.

“Saya yakin semenjak kita masih kecil dulu, inilah kegiatan Karnaval Budaya yang paling Akbar dan Meriah,” pungkasnya.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.