Kerjasama Pemkab Malinau Dengan MAF Indonesia, Siap Jalankan Misi Kemanusiaan di Perbatasan

- Jurnalis

Kamis, 10 Februari 2022 - 12:40 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

MALINAU, WIRAnews.com “ Maskapai Mission Aviation Fellowship (MAF) Indonesia menyatakan kesiapannya untuk kembali mendukung penyediaan akses layanan kesehatan bagi warga Kabupaten Malinau.

Pimpinan Yayasan MAF Indonesia Cabang Tarakan, Tyler Fredrick Schmidt mengatakan, bahwa misi dari Yayasan MAF ini adalah mengutamakan keselamatan orang yang sakit dan pasien yang butuh rujukan ke fasilitas kesehatan yang lebih memadai.

Membantu orang yang sakit itu lebih penting daripada ambil barang atau penumpang. Sudah banyak kami batalkan pengantaran seperti cargo dan penumpang secara komersil. Karena, kami lebih mengutamakan warga yang sakit, apalagi bersifat emergency, ujarnya, Kamis (10/2/2022).

Ia menyebutkan, bahwa pihaknya sangat senang dengan adanya hubungan kerjasama yang kuat dengan Pemerintah Daerah Malinau melalui Dinas Kesehatan. Karena dari Dinas Kesehatan kita jadi tahu siapa pasien atau warga yang butuh rujukan untuk transportasi dari wilayah pedalaman ke Faskes di Malinau ataupun di Tarakan, imbuhnya.

Kesepakatan bersama antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malinau dan Yayasan Mission Aviation Fellowship (MAF) Indonesia ialah kerjasama dalam penyediaan pelayanan sosial dalam bidang kesehatan khususnya bagi masyarakat Kabupaten Malinau melalui moda transportasi udara.

Baca Juga :  PKK Malinau Gelar Pelatihan Membaca Nyaring Tahun 2022

Kegiatan penandatanganan nota kesepakatan bersama ini, berlangsung di ruang Intulun, Kantor Bupati Malinau, pada Kamis (10/2/2022) serta turut dihadiri Wakil Bupati Jakaria dan Sekda Ernes Silvanus bersama jajaran OPD terkait.

Kerjasama ini pun mendapat respon dan dukungan dari Bupati Malinau Wempi W. Mawa, terlebih itu sangat sejalan dengan visi-misi dan program kerjanya dalam menjaga kesehatan masyarakatnya.

Sebagai informasi, Maskapai MAF sendiri sudah berada di Kabupaten Malinau terhitung sejak tahun 1971, artinya sudah mengudara kurang lebih 51 tahun melayani masyarakat di pelosok perbatasan dengan tujuan Kemanusiaan dan Sosial.

Bupati Wempi menilai bahwa, Maskapai MAF ini tidak berbicara tentang profit atau keuntungan. Namun, lebih kepada sisi kemanusiaan dan sosial bagi masyarakat khususnya di wilayah pedalaman dan perbatasan.

Tujuan itulah yang menjadi misi Yayasan MAF yang kita respon dengan baik, karena kita juga memiliki kewajiban untuk menjamin keselamatan maupun kesehatan setiap warga kita, terlebih yang berada di wilayah pedalaman dan perbatasan, ujarnya.

Baca Juga :  Buka RAKERDA, BUPATI : "PEKERJA SEBAGAI TELADAN BAIK, HARUS MAMPU MENEPIS ARUS YANG MENYESATKAN"

Ia menyebutkan, Maskapai MAF di Malinau tidak hanya berorientasi kepada penerbangan komersial.
Mereka memang membutuhkan donasi untuk biaya operasional untuk tetap bisa berjalan, namun itu bukan semata-mata mengejar keuntungan, ungkapnya.

Hal itulah yang menjadi pilihan Pemkab Malinau melalui pelaksanaan teknis melalui Dinas Kesehatan, ulasnya, karena pihaknya melihat bahwa Maskapai MAF mampu menjangkau daerah-daerah tersulit dan terluar daerah kita untuk diterbangi dengan kondisi yang ada.

Bupati Wempi menambahkan, bahwa kerja sama dengan Yayasan MAF Indonesia dilakukan terhitung hari ini hingga tahun 2024 sesuai dengan masa baktinya sebagai Bupati Kabupaten Malinau.

Untuk evaluasi pertahunnya itu secara teknis ada di Dinas Kesehatan sebagai leading sector atau penanggung jawab terhadap program prioritas khususnya pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kabupaten Malinau, imbuhnya.(**).

Berita Terkait

Wempi dan Jakaria Terima Surat Keputusan dari Partai Demokrat untuk Pilkada Malinau 2024
Keterlambatan Penyerahan Hadiah Dana Pembinaan Christmas Cup XXIV 2023, Panitia Sampaikan Permintaan Maaf
Sekda Malinau Dr. Ernes Silvanus Resmi Menutup Turnamen Sepak Bola Bupati Malinau Cup 2024
KPU Malinau: Bakal Paslon Pilkada 2024 Harus Sesuaikan Visi-Misi dengan RPJPD
Pemda Malinau Dukung Penuh Survei Penilaian Integritas KPK 2024
Bupati Malinau Wempi W Mawa Hadiri Upacara Penutupan Pendidikan, Pelantikan, dan Pengambilan Sumpah Bintara Polri Gelombang I Tahun Anggaran 2024
Dr. Bustan Hadiri Gerakan Peduli Sampah Pesisir di Pantai Amal
Ketua TP PKK Kabupaten Malinau, Ny. Maylenty Wempi, SE, Laksanakan Kunjungan Kerja ke Kecamatan Malinau Barat
Tag :

Berita Terkait

Minggu, 21 Juli 2024 - 15:32 WITA

Wempi dan Jakaria Terima Surat Keputusan dari Partai Demokrat untuk Pilkada Malinau 2024

Sabtu, 20 Juli 2024 - 15:22 WITA

Keterlambatan Penyerahan Hadiah Dana Pembinaan Christmas Cup XXIV 2023, Panitia Sampaikan Permintaan Maaf

Sabtu, 20 Juli 2024 - 00:46 WITA

Sekda Malinau Dr. Ernes Silvanus Resmi Menutup Turnamen Sepak Bola Bupati Malinau Cup 2024

Rabu, 17 Juli 2024 - 13:15 WITA

Pemda Malinau Dukung Penuh Survei Penilaian Integritas KPK 2024

Kamis, 11 Juli 2024 - 16:14 WITA

Bupati Malinau Wempi W Mawa Hadiri Upacara Penutupan Pendidikan, Pelantikan, dan Pengambilan Sumpah Bintara Polri Gelombang I Tahun Anggaran 2024

Berita Terbaru

Internasional

Polisi Diserang di Paris Menjelang Olimpiade 2024

Sabtu, 20 Jul 2024 - 01:14 WITA