Penilaian Akreditasi Puskesmas, Wabup Jakaria Optimis 4 Puskesmas Raih Paripurna

MALINAU, WIRANEWS.COM – Akreditasi Puskesmas merupakan pengakuan terhadap mutu pelayanan Puskesmas setelah dilakukan penilaian oleh Lembaga Independen penyelenggara akreditasi yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan.

Upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan melalui penyelenggaraan akreditasi akan memberikan perlindungan kepada masyarakat terhadap mutu pelayanan kesehatan di puskesmas dan memberikan perlindungan dan keselamatan bagi pasien, petugas, pengunjung, masyarakat dan lingkungan.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Malinau, Jakaria S.E., M.Si. dalam sambutannya saat menghadiri kegiatan Survei Re-Akreditasi Puskesmas Malinau Kota, Kecamatan Malinau Kota pada Jum’at (22/03/2024) pagi.

Dalam upaya Re-Akreditasi Puskesmas, kata Jakaria, Pemkab Malinau senantiasa memberikan dukungan penuh terhadap peningkatan mutu pelayanan kesehatan.

Adapun upaya yang telah dilakukan meliputi dukungan anggaran, pemenuhan SDM sesuai analis jabatan, pengelolaan limbah medis B3, dukungan penuh terhadap program prioritas nasional dan dukungan penuh dalam jaminan kesehatan nasional dengan memberikan dana kapitasi.

Selain itu, Pemerintah Daerah juga memiliki program inovasi yakni Petani Sehat. Dimana pada hari tertentu Pejabat Pemerintah bersama dengan Petugas Kesehatan dari Puskesmas berkunjung langsung ke sawah para Petani untuk memeriksakan kesehatan mereka.

“Jadi petugas kesehatan kami terjun langsung ke sawah untuk memeriksakan kesehatan mereka. Jika memang butuh pengobatan lebih maka akan diarahkan ke rumah sakit,” jelasnya.

Diketahui, Puskesmas Malinau Kota menjadi Puskesmas keempat yang di Re-Akreditasi, setelah sebelumnya di Puskesmas Malinau Seberang, Malinau Barat dan Mentarang.

Dari keempat Puskesmas tersebut, Wabup Jakaria optimis keempatnya bisa meraih nilai paripurna dalam peningkatan mutu sektor kesehatan di Kabupaten Malinau.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *